Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Perbedaan Bisnis dan Usaha

 7 Perbedaan Bisnis dan Usaha



Bicara soal bisnsi memang sangat menarik. Tidak akan bosan jika kita membicarakan soal bisnis dan usaha. Karena setiap hari kita pasti mencari uang dengan jalan bisnis atau usaha. Secara makna, banyak orang menganggap antara bisnis dan usaha itu sama saja. Namun sebenarnya ada perbedaan diantara keduanya.

Bagaimana menurut anda?

Nah, penasaran bukan dengan perbedaan antara bisnis dan usaha?

Yuk kita bahas perbedaan nya pada artikel ini.

Disini kami akan mengulas 7 perbedaan versi Dunia usaha dan bisnis online.


1. Penampilan

Penampilan dalam mencari seorang customer memang diperlukan. Dari sini kita bisa lihat perbedaan pada keduanya.

Penampilan pada seorang pebisnis sangatlah rapi dan sangat meyakinkan untuk memberikan daya tarik dan minat kepada calon pembeli. Ini dilakukan dengan harapan penampilan yang rapi dan keren akan mendapat perhatian pertama bagi calon pembeli. Selain itu fokus mereka pada kegiatan operasional. 

Sedangan pada diri seorang pengusaha, penampilan mereka lebih cenderung sederhana, dengan penampilan sederhana, mereka lebih mengutamakan sistem dan pemasaran produk. Namun penampilan yang sederhana dari seorang pengusaha tidak kalah menarik dengan seorang pebisnis.


2. Ruang Kerja

Seorang pebisnis suasana ruang kerja lebih terlihat formal, desain kaontor sangat sederhana seperti kantor pada umumnya. Ruang kerja yang rapi, bersih dan terkesan biasa dan sederhanya tanpa desain tampilan yang mencolok dan kreatif.

Sedangkan ruang kerja pengusaha, ruang kerja lebih terlihat dekoratif dan kreatif. Dengan nauansa original dan absatrak. Pemandan ruang kerja pada seorang pengusaha lebih ramai dengan gambar yang mampu membuat pandangan mata tertarik.


3. Organik atau Originallitas

Perbedaan yang ketiga adalah originalitas. Dari segi originalitas, seorang pebisnis biasa mengambil ide dari pebisnsis lain danmengembangkannya. Atau memberikan sedikit inovasi. Seorang pebisnis menjalankan bisnisnya dari ide yang sudah ada.

Sedangkan pengusaha, ide mereka lebih original dan kreatif. Ide mereka lebih original karena mereka selalu berfikir untuk memunculkan hal baru untuk memberikan kesan yang terbaik kepada costumer atau pembeli.


4. Resiko

Seorang pebisnis lebih terukur dan terorganisir dalam menentukan resiko yang akan diambil dalam menjalankan usaha dan bisisnya. Segala apa yang akan dijalankan dalam dunia bisnis selalu di ukur dengan meminimalisir resiko sekecil mungki. Maka sering resiko yang di ambil memiliki resiko yang minim.

Sedangkan pengusaha dalam menjalankan usahanya tidak pernah berfikir tentang resiko yang akan di ambil dengan teroganisir. Keberanian dalam mengambil resiko oleh pengusaha adalah sebuah keberanian. Maka sering kali seorang pengusaha mengambil resiko yang cukup besar. Jika rugi, mereka akan rugi besar, namun jika untung, mereka akan untuk besar pula.


5. Sikap Kepemimpinan

Seorang pebisnis mnajemen organisasi lebih tertata rapi. Semua berjalan sesuai tugas dan fungsi jabatan mereka masing-masing. Maka seorang pemimpin dengan bawahan atau karyawannya layaknya pimpinan dengan anak buahnya.

Sedangkan pengusaha lebih menganggap karyawan atau anak buahnya sebagai mitra atau partner usaha. Tidak menganggap mereka sebagai anak buahnya. Jadi semua nya sama, tidak ada pimpinan atau anak buah dalam mitra kerja.


6. Kompetitor

Seorang pebisnis cenderung lebih bersaing dengan seluruh kompititornya. Sehingga daya persaingan bisnis lebih kesegala arah dan lebih luas.

Sedangkan seorang pengusaha lebih terfokus pada untuk lebih mengungguli kompetitor terberatnya. Dangn cara ini seorang pebisnis dan pengusaha lebih termotivasi untuk selalu mengembangkan usaha dan bisnisnya.


7. Keuangan

dalam dunia bisnsi, seorang pebisnis cenderung lebih takut merugi. sehingga berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi tingkat kerugian. Namun bagi seorang pengusaha, lebih cenderung lebih lepas dan tidak takut merugi. Bagi seorang pengusaha yang difikirkan adalah pengembangan, hal biasa dalam setiap usaha mengalami kerugian.


Kesimpulan.

Antara bisnis dan usaha perbedaan nya hanya dari segi sistem penereapan pelaksanaan kerja saja. Sebagai, seorang pebisnis dan pengusaha tetap memiliki 1 tujuan, yaitu mengembangkan dan bertujuan untuk bisa sukses. Semoga bermanfaat tentanga perbedaan antara bisnis dan usaha.


Posting Komentar untuk "7 Perbedaan Bisnis dan Usaha"