Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki HP Terkena Air

 Cara Meerbaiki HP Basah Terkena Air



HP di zaman sekarang ini menjadi prioritas bagi mayoritas orang. Bahkan setiap orang kini sudah memiliki HP masing-masing dengan berbagai tipe HP android. HP android merupakan HP yang paling populer dizaman modern ini. Memiliki HP android bisa digunakan untuk mengakses apapun yang kita inginkan. Karena Hp kini menjadi sebuahkebutuhan, HP tak pernah tertinggal dari genggaman manusia. Kemanapun manusia itu pergi, HP akan selalu ada dalam genggamannya.

Seringnya kita gunakan dan kita bawa dalam aktivitas sehari-hari membuat pemilik HP terkadang ceroboh. Misalnya menjatuhkannya, menggunakan secara berlebihan dan juga jatuh ke dalam air atau terkena hujan. Alat elektronik paling bermasalah jika sudah berhdapan dengan yang namanya air. Air merupakan musuh utama dari sebuah alat elektronik. Alat elektronik yang kita milik harus di jaga dengan yang namanya air. Namun karena kelalaian atau kecerobahan terkadang tetap terkena air yang mengakibatkan alat elektronik menjadi bermasalah bahkan rusak sampai mati total tidak bisa di gunakan.

HP terkena air dan konslet jangan langsung dibawa ke konter. Tangani terlebuh dahulu dengan segera. Hp merupakan salah satu alat elektronik yang harus dijauhkan dari air. Namun bagaimana jika HP kita terkena air. Apa yang dilakukan? Tenang, jangan panik dan jangan bingung. Berikut ini kami akan memberikan ulasan langkah-langkah bagaiamana mengatasi HP yang terkena air.


Cara mengatasi HP terkena air :

1. Matikan HP

Langkah pertama jika HP kita terkena air adalah mematikan HP. Fungsinya untuk memutus sumber tegangan yang dikhawatirkan akan merusak komponen HP apabila HP masih dalam keadaan menyala. Jika HP sudah dimatikan maka paling tidak meminimalisir aris tegangan yang ada dalam HP yang membuat konsletik elektronik didalamnya. Sering kali seseorang yang HP nya terkena air bingung dan tidak segera mematikan HP nya. 

Dalam keadaan mati, HP tidak akan mengalirkan sumber tegangan, sehingga air yang sudah terlanjur masuk hanya membasahi yang tidak menyebabkan konsleting elektronik didalamnya.


2. Lepas batre HP

Setiap HP pasti memiliki sumber daya listrik. Salah satu sumber daya listrik pada HP adalah batre. Batre berfungsi untuk mengalisrkan sumber tegangan listrik guna menyalakan HP sesuai dengan fungsi dan kerja HP. Nah ada 2 jenis HP pada android, diantaranya adalah HP dengan jenis batre tanam dan batre lepas.

Jika Hp anda termasuk HP batre tanam, maka biarkan saja tanpa melepas batre pada HP. Karena jika melapas batre tanam harus membongkar atau membuka segel HP yang akan merugikan kalian. Namun jika HP android anda termasuk bukan batre tanam maka disarankan sebaiknya lepas batre dan bersihkan elemen pada batre jika ada air pada batre sampai kering.

Ini dimaksudkan agar elemn yang ada pada batre tidak mengalami konsleting pada batre yang berimbas pada HP. Tp jika batre tanam masih terlindungi dengan rapat.


3. Keringkan sampai benar benar kering

Air yang sudah masuk atau mengenai HP diamkan sampai kering. Jangan pernah meniup HP yang terkena air. Ini akan membuat Hp konslet. Bersihkan saja dengan tisu atau kain halus kering. Kemudian diamkan beberapa jam sampai HP benar-benar kering jika air yang masuk ke HP cukup banyak. Namun jika sedikit maka tidak sampai satu jam. Paling tidak sudah kering dan sudah tidak air lagi pada HP.


Baca juga : Cara melacak HP yang Hilang


4. Rendam ke dalam beras

Selanjutnya adalah dengan merendam HP kedalam beras, cara ini cukup efektif untuk mengurangi atau menyerap air. Seringkali orang menggunakan cara ini karenaefektif menyerap air dengan cepat.


5. Nyalakan kembali jika sudah benar-benar kering

HP yang sudah dirasa kering, nyalakan kembali HP untuk mencoba tombol, layar sentuh dan fungsi HP lainnya, untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan. Cara diatas cukup efektif dan HP anda akan normal kembali dan bisa digunakan dengan normal kembali. Namun jika tetap bermasalah. Mungkin penanganan anda tidak segera dengan cara di atas. Atau air yang masuk sangat banyak dan parah. Maka diperlukan penanganan khusus untuk di bawa kekonter untuk dibersihkan.


6. Cek kembali fungsi HP

Jika fungsi Hp sudah normal kembali, maka anda bisa mengunakan HP secara normal kembali. Dan berhati-hatilah dalam membawa HP agar tidak terulang kembali HP anda konslet karena terken air.'


Penutup

Semoga bermanfaat ulasan tentang cara mengatasi HP yang terkena air. Ingat, jangan panik dan jangan bingung. Apalagi sampai dibawa ke konter. Tangani sendiri dulu dengan segera dengan cara yang benar. Biar anda tidak mengeluarkan uang untuk HP anda yang terkena air.


Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki HP Terkena Air"