Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Anak Kecanduan HP



Mengatasi Anak Kecanduan HP

Di zaman teknologi sekrang, HP seolah menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting. Setiap orang mayoritas memiliki dan menggunakan HP. Kalua zaman dahulu, HP hanya digunakan untuk alat komunikasi. Namun sekarang HP semakin canggih dengan fasilitas yang lebih lengkap. Bukan hanya sekedar media komunikasi, tapi juga sabagai media informasi. Dengan mayoritas semua orang memiliki dan menggunakan HP. Bahkan anak yang masih usia dini sudah bisa mengoperasikan HP yang mengakibatkan kecanduan terhadap HP. Dengan penggunaan HP di usia dini secara berlebihan, akan berdampak kepada kesahatan. Terutama Kesehatan pada mata.

Seorang anak jika sudah menggunakan HP akan merasa asyik dan nyaman hingga tidak menyadari berapa lama ia menggunakannya tanpa batas. Fitur dan fasilitas didalam HP yang membuat anak semakin asyik untuk mengoperasikan dan menggunakan HP dengan berlembihan menjadi awal seorang anak kecanduan dan tidak bisa lepas dari HP.

Banyak orang tua yang sering mengelu dengan anaknya yang kecanduan HP secara berlebihan. Dengan kecanduan yang dialami oleh anaknya membuat aktivitasnya hanya terfokus pada HP. Belajarnya menjadi menurun, bahkan jarang peduli dengan lingkungan karena terlalu asyik bermain HP. Aktivitas berlebihan secara terus menerus akan berakibat pada sakit mata dan membuat seorang anak menjadi malas.


Cara mengatasi anak kecanduan HP

1. Sering mengajak komunikasi

Kesibukan orang tua menjadi alasan orang tua memberikan HP kepada anaknya. Sekedar ingin menenangkan anaknya orang tua menodorkan HP kepada anaknya. Selain itu karena kesibukan orang membuat orang tua jarang komunikasi dengan anaknya sehingga anak tidak tahu harus berkomunikasi dengan siapa saat dia ingin bermain.


Peran orang tua untuk saling mengajak berkomunikasi dan bermain Bersama anak adalah kunci utama seorang anak akan lebih memililih menghabiskan waktu Bersama orang tuanya dibandingkan dengan HP. Selain itu peran seorang teman bagi anak juga merumakan cara untuk mengurangi kecanduan HP pda anak di usia dini. Orang tua yang jarang bahkan tidak menemani anaknya dirumah. Seorang anak akan mencari teman dan salah satu teman untuk hiburan HP.


2. Orang tua harus mengurai menggunakan HP didepan anaknnya

Saat orang tua dirumah, menggunakan HP jangan diperlihatkan kepada anaknya. Saat Bersama anak, orang tua harus mengesampingkan HP. Jika orang tua melarang anak untuk menggunakan HP, namun orang tua masih menggunakan HP didepan anaknya. Maka anak akan cenderung tidak menuruti perkataan orang tuanya. Orang tua sebagai contoh dan tauladan bagi anaknya. Jika kita melarang menggunakan HP secara berlebihan, anak juga ikut menggunakan HP secara berlebihan.


Gunakan HP saat anak sedang tidur atau sedang tidur atau juga mungkin sedang bermain dengan teman atau saudara lain tanpa terlihat oleh anak. Setelah menggunakan HP, simpan ditempat yang aman dari jangkauan anak. Orang tua yang selalu berhati-hati dan memberikan contoh yang baik akan ditiru oleh anak dengan baik juga. Dan saat orang tua melarang atau membatasi anak dalam menggunakan HP, anak akan menuruti karena melihat orang tuanya juga tidak sedang menggunakan HP.

Baca Juga : Foto dan Video Tidak Muncul Pada Galeri

3. Membatasi kegiatan penggunaan HP

Masa pandemic membuat kegiatan belajar disekolah secara tatap muka atau secara langsung dialihkan dengan pembelajaran dirumah. Pembelajaran di rumah dengan media HP sebagai alat dan media informasi pembelajaran jarak jauh atau yang dunamakan Daring. Hp untuk kali ini dibutuhkan untuk media belajar namun dengan Batasan terntu. Jika orang tuda tidak membatasi penggunaan HP terhadap anaknya. Maka anak akan terlalu asyik berlama-lama menggunakan HP. Penggunaan Hp yang terbiasa ama menjadi sebuah kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan apalagi seorang anak yang masih usia dini.


Batasan mennggunakan HP sangatlah penting karena kegiatan sekolah sekarang ini menggunakan media hp sebagai media belajar anak. Betas an ini di gunakan agar anak mampu mengontrol kapan dia harus menggunakan HP dan kapan dia harus meletakkan HP. Membatasi HP digunakan sebagai control utama agar tidak berlebihan dalam menggunakan HP.


4. Mengontrol dan mengawasi penggunaan HP

Orang tua yang bijak akan selalu mendampingi anaknya dalam menggunakan dan mengoperasikan HP. Disisi lain selain sebagai media sumber informasi, HP juga banyak memiliki sisi negatif. Akses web yang bisa dicari di google membuat HP tanpa ada Batasan secara detail tentang situs yang bisa membuat anak mengetahui hal yang belum selayaknya diketahui. Diantaranya foto, atau video yang tidak layak konsumsi anak yang membuat seorang anak penasaran dan ingin mencari tahu sendiri.


Pengawasan dan control pada saat menggunakan HP sangat penting didampingi orang tua. Kita bisa tahu apa saja kegiatan yang dilakukan anak dengan HP yang di gunakannya. Saat mendampingi anak menggunakan HP berikan edukasi positif yang bisa mengarahkan anaka untuk mencerna dan memfilter kegiatan di HP yang lebih positif dan bermanfaat.


5. Memberikan media lain untuk menjauhkan dari HP

Seorang anak masanya adalah bermain. Jika hp adalah sebuah sarana bermain dan kita hindarkan. Perlu adanya media lain sebagai pesaing HP agar anak tidak menggunakan HP secara berlebihan. Dan lebih memilih permainan lain yang lebih edukatif. Adanya banyak media bermain edukatif yang dijual di toko mainan. Kita bisa memilihkan media edukasi yang menarik untuk anak sehingga saat anak butuh bermain kita bisa memberikan media tersebut sebagai teman bermain selain itu dia juga bisa belajar dengan media bermain yang edukatif.


Pemilihan media bermain yang tepat dan menyenangkan membuat seorang anak tidak mudah bosan. Jika anak bosan, maka kemungkinan besar anak akan Kembali mencari HP dan menggunakan HP untuk bermain. Selain HP, lapot dan TV adalah media dekuasi yang bisa kita tata untuk memberikan video yang sesuai dengan usia dan tingkatan seorang anak. Media pengganti HP menjadi hal yang penting juga agar anak tidak tergantung bermain dengan HP.


Penutup

HP memang tidak akan lepas dari genggaman manusia. Namun bijaklah dalam menggunakan HP. Apalagi jika kita memiliki seorang anak yang masih usia dini. Jika kita teledor dan tidak berhati-hati. Anak akan tergantung terhadap HP dan kecanduan terhadap penggunakan HP.

Semoga ulasan ini membantu para orang tua yang sering mengeluh terhadap anaknya yang kecanduan HP menggunakan secara berlebihan dengan cara mengatasi anak yang kecanduan HP secara berlebihan.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Anak Kecanduan HP"